EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kepercayaan diri siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT )dengan berbantuan media manipulatif lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan uji t disimpulkan bahwa: (1) Kepercayaan diri siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media manipulatif tidak lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHTdengan berbantuan media manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori.
Kata kunci: kepercayaan diri, prestasi,Number Head Together (NHT), media manipulatif
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.