MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN STRATEGI TTW SISWA KELAS VII SMP 25 PURWOREJO

Alifia Nanda Nuraeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 25 Purworejo setelah dikenai pembelajaran dengan strategi think talk write. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi presentase komunikasi matematis meningkat dari 69,18%  pada siklus I menjadi 77,52% pada siklus II, sedangkan pada tes presentase komunikasi matematis meningkat dari 70,32% pada siklus I menjadi 79,17% pada siklus II. Peningkatan komunikasi matematis diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari 68,81 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59,38% pada siklus I menjadi 77,94 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,13% pada siklus II, sehingga terbukti bahwa strategi pembelajaran think talk write dapat meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: strategi TTW, komunikasi matematis, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.