KEMAMPUAN VERBAL, NUMERIK DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD DI KECAMATAN NGEMPLAK

Vika Dwi Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif dan signifikan: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar matematika siswa; (2) kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa; (3) kemampuan verbal dan kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa.Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 1 Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman sebanyak 131 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 95 siswa dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan metode tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis data yang digunakan adalah koefisien Kendall Tau dan Kendall .Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan verbal dan kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: kemampuan verbal, kemampuan numerik


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.