MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TIPE TPS BAGI SISWA SMP

Riyani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes hasil belajar berupa soal uraian tertulis dan lembar observasi  kreativitas belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanpada kreativitas belajar  siswa  dan penigkatan prestasi belajar matematika serta peningkatan klasikal. dari hasil siklus I ke siklus II, yaitu kreativitas belajar siswa 69,50% pada siklus I menjadi 78,8I% pada siklus II. Penigkatan persentase kreativitas belajar siswa diikuti dengan peningkatan hasil belajar yaitu diperoleh rerata prestasi belajar siswa  pra siklus sebesar 59,09 menigkatmenjadi 69,69 dengan ketuntasan klasikal 59,37%. Sedangkan pada siklus II rerata prestasi belajar siswa mencapai 74,88 dengan ketuntasan klasikal 78,12%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran model tipe TPS dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika kelas VIII B SMP muhammadiyah I tahun ajaran 2013/2014 pada materi kubus dan balok.

Kata kunci: pembelajaran, TPS, kreativitas, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.