EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR DIKOMBINASIKAN NHT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Fitri Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang dikenai: (1) model pembelajaran AIR dikombinasikan NHT lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) model pembelajaran STAD lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; dan (3) model pembelajaran  AIR dikombinasikan NHT lebih baik daripada model pembelajaran STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Populasi penelitiannya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Dari 6 kelas diambil acak sebanyak tiga kelas yaitu VIII A, VIII B, dan VIII C. Uji hipotesis dengan uji anava satu jalan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai: (1) model pembelajaran AIR dikombinasikan NHT lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) model pembelajaran STAD lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; dan (3) model pembelajaran AIR dikombinasikan NHT lebih baik daripada Model Pembelajaran STAD.

Kata kunci: AIR dikombinasikan NHT, STAD, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.