PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENTBERBANTUAN MONOPOLI MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP PGRI Bandongan melalui penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan monopoli matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI Bandongan sebanyak 30 siswa. Data aktivitas belajar matematika diperoleh dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan metode tes. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian pada aktivitas dan prestasi belajar matematika menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar matematika dari 62,63% pada siklus I menjadi 72,73% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar diikuti dengan peningkatan rata-rata kelas dari 56,67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,33% pada siklus I menjadi 79,44 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan monopoli matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika.
Kata kunci: TGT, monopoli matematika, aktivitas belajar, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.