EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUAN GAMBAR ANIMASI MATERI LINGKARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang menggunakan metode Quantum Learning berbantuan gambar animasi lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode ekspositori. Populasi kelas VIII SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014, teknik sampling stratified cluster random dengan sampel kelas eksperimen kelas VIII G dan kontrol kelas VIII F. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t, = 0,05 yang menunjukkan thitung = 2,832 > 1,645 = ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti prestasi belajar siswa yang menggunakan metode quantum learning berbantuan gambar animasi lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori.
Kata kunci: quantum learning, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.