EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTU MONOPOLI MATEMATIKA DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Nunik Syaripah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Monopoli Matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 192 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi dalam bentuk pilihan ganda yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dengan model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) berbantu Monopoli Matematika lebih baik daripada dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).

 

Kata Kunci: TGT, STAD, monopoli matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.