EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN CABRI 3D DAN STAD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP

Arieza Fitrotika Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Pictorial Riddle berbantuan Cabri 3D lebih baik dari pada STAD. Populasi penelitian ini  adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen  dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes pemahaman konsep matematika  yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Pictorial Riddle berbantuan Cabri 3D lebih baik dari pada STAD.

Kata kunci: Pictorial Riddle, Cabri 3D, STAD, pemahaman konsep matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.