PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DISERTAI PEMBERIAN REWARD UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar angket, dan soal tes evaluasi yang berbentuk soal uraian dalam materi prisma dan limas. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase, rerata, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswamengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Take and Give disertai dengan pemberian Reward. Hal ini ditunjukkan dengan motivasi siswa yang sudah memenuhi indikator-indikator motivasi dan peningkatan tersebut juga ditunjukkan dengan rerata persentase motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 49,92% pada pra siklus, menjadi 62,94% pada siklus I, dan 73,59% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa, mengalami peningkatan dari 10% pada pra siklus menjadi 64,51% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 79,31%.
Kata kunci: kartun matematika, minat, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1833
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.