PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI

Ana Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII C MTs Negeri Bener dengan penerapan pendekatan SAVI; dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C MTs Negeri Bener dengan penerapan pendekatan SAVI. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes akhir sklus. Analisis data menggunakan teknik kualitalif, persentase masing-masing ativitas belajar siswa, persentase klasikal aktivitas belajar siswa, dan persentase klasikal ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII C MTs Negeri Bener yakni ada siklus I sebesar 67,05% dan pada siklus II sebesar 88,64%; dan (2) dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C MTs Negeri Bener yakni pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 47,06% dan pada siklus II sebesar  87,5%.

Kata kunci:  pendekatan SAVI, aktivitas, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.