STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran MMP lebih baik dari Ekspositori terhadap prestasi belajar siswa; (2) apakah gaya kognitif field independence lebih baik dari field dependence terhadap prestasi belajar siswa; (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi pada siswa kelas X Excellent SMA Muhammadiyah 1 Gombong tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Tes prestasi digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa sedangkan GEFT untuk mengklasifikasikan gaya kognitif siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan. Uji anava memberikan hasil: (1) dengan artinya ditolak, karena rataan marginal MMP lebih dari Ekspositori disimpulkan bahwa model pembelajaran MMP lebih baik dari Ekspositori terhadap prestasi belajar siswa. (2) dengan artinya diterima, disimpulkan bahwa gaya kognitif field independence tidak lebih baik dari field dependence terhadap prestasi belajar siswa. (3) dengan artinya diterima, disimpulkan bahwa tidak terjadi interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: MMP, Ekspositori, gaya kognitif, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.