EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN ICE BREAKER DAN TPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan Ice Breaker lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII MTs Sidowangi tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 111 siswa, pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dari pengambilan sample terpilih sebagai kelas ekperimen I yaitu VIII A dikenai model pembelajaran NHT dengan ice breaker, sedangkan kelas eksperimen II yaitu VIII B dikenai model pembelajaran TPS. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes, yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan 𝛼=5%, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A yang menggunakan model NHT dengan ice breaker lebih baik daripada siswa yang menggunakan model TPS.
kata kunci : NHT, TPS, Ice Breaker, pemahaman konsep matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.