MODEL STAD DAN CRH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan pembelajaran: STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada CRH, STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada ekspositori, dan CRH lebih tinggi daripada ekspositori. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat taraf kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar siswa dengan pembelajaran: STAD bertugaskan mengubah lirik lagu tidak lebih tinggi daripada CRH, STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada ekspositori, dan CRH lebih tinggi daripada ekspositori.
Kata kunci: STAD, CRH, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.