PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN RECIPROCAL TEACHING

Fauzia El Husnia Noor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur. Hal tersebut terlihat dari rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat dari 71,04% pada siklus I menjadi 75,07% pada siklus II. Peningkatan kemandirian belajar siswa ini berpengaruh terhadap prestasi belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 58,64 dengan ketuntasan 32% pada kondisi awal menjadi 66,72 dengan ketuntasan 56% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 75,04 dengan ketuntasan 76% pada siklus II.

 

Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar, Peer Tutoring, Reciprocal Teaching


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.