EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA AL-IMAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Roofi’ Sulaiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada materi turunan kelas XI MA Al Iman Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas XI Keagamaan 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I adalah 78,75 dan kelas eksperimen IIadalah 73,21. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh  dan , sehingga , artinya  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan prestasi  belajar  matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Course Review Horay lebih baik daripada prestasi siswa yang dikenai model pembelajaran Make A Match.

 

Kata Kunci: prestasi belajar, Course Review Horay, Make A Match


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.