PENINGKATAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY (CRH)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay (CRH). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Puring, yaitu 14 siswa putra dan 18 siswa putri. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa angket minat, lembar observasi keaktifan dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan rata-rata dan peresentase. Hasil penelitian ini meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dari minat belajar sebesar 66,25% pada siklus I dan 77,71% pada siklus II. Keaktifan belajar menunjukkan 66,25% pada siklus I dan 77,81% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I sebesar 64,63, pada siklus II meningkat menjadi 72,31 dengan ketuntasan sebesar 81,25%. Jadi penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: CRH, minat, keaktifan, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i5.1811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.