UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PMR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII G MTs N Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Faktor yang diteliti berupa peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes prestasi. Analisis dilakukan terhadap data hasil tes dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PMR. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu siswa memenuhi indikator aktivitas. Peningkatan aktivitas belajar siswapun berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa baru mencapai 9% dengan rata-rata 53. Pada siklus I, mencapai 40,63% dengan rata-rata 62. Kemudian meningkat lagi pada siklus II, mencapai 71,87% dengan rata-rata 71.
Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, PMR
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i5.1809
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.