EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURE NUMBER HEADS (SNH) DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Ika Sri Mulyatiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran SNH lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Make a Match pada materi garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel terpilih yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis datanya menggunakan dua tahap, yaitu analisis data awal dan akhir. Analisis data awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan keseimbangan. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan analisis data uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Sedangkan untuk uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran SNH tidak lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Make a Match pada materi garis dan sudut.

 

Kata kunci: SNH, Make a Match, Garis dan Sudut

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i5.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.