PENINGKATAN PARTISIPASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan minatbelajar matematika pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 30 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan tes.Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan rerata.Rerata persentase partisipasi meningkat dari 66,82% dengan kategori “cukup” pada siklus I menjadi 83,41% dengan kategori “baik” pada siklus II. Rerata persentase minat meningkat dari 80,90% dengan kategori “baik” pada siklus I menjadi 85,62% dengan kategori “sangat baik” pada siklus II. Sedangkan rerata hasil belajar matematika meningkat dari 67,97 pada siklus I menjadi 75,46 pada siklus II dan persentase ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat dari 78,12% pada siklus I menjadi 84,37% pada siklus II. Hal ini menunjukan adanya peningkatan partisipasi dan minat belajar serta hasil belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran make a match.
Kata kunci: Make A Match, partisipasi, minat, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i5.1799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.