EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE TS-TS DAN GNT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Sri Maratun Soliah

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui manakah prestasi belajar siswa yang lebih baik antara pembelajaran yang menggunakan metode TS-TS atau  GNT jika diterapkan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang pada materi segitiga dan segiempat. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang. Sampel dalam penelitian berjumlah 50 siswa yang terdiri dari dua kelmpok yaitu kelompok genap dan kelompok ganjil. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sistematis. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hipotesis menggunakan uji t menunjukkan tobservasisebesar 2,99 lebih besar dari  ttabel sebesar 2,060 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempat yang menggunakan metode pembelajaran TS-TS lebih baik daripada yang menggunakan metode pembelajaran GNT.

Kata kunci: metode pembelajaran TS-TS, GNT, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i5.1797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.