MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE

Miftachul Jannati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan minat belajar matematika siswa; dan (2) prestasi belajar matematika siswa  SMP Negeri 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data mengenai minat belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes objektif pada setiap akhir siklus. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil  penelitian terhadap minat belajar siswa pada Siklus I sebesar 72,34% yang berada pada kriteria cukup menjadi 78,28% yang berada pada kriteria baik pada siklus II. (2) Data awal yang digunakan untuk nilai prestasi belajar siswa adalah nilai rerata ulangan tengah semester I siswa, dengan rerata 48,44 dan ketuntasan klasikal 12,50%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 69,02 dengan ketuntasan klasikal 59,38% dan pada siklus II sudah mencapai 78,59 dengan ketuntasan klasikal 78,13%. Ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: scramble, minat, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i4.1790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.