EKSPERIMENTASI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Fitria Ria Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan model NHT berbantuan media powerpoint, menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran make a match, pada materi limit fungsi aljabar siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji–t dengan taraf signifikansi 5%, yang sebelumnya telah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis dari data setelah perlakuan menunjukan nilai tobs= 1,11 < ttabel = 1,645 artinya thitung DK sehingga H0 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi limit fungsi aljabar menggunakan model NHT berbantuan media powerpoint tidak lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model make a match setelah diterapkan pada siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: prestasi, NHT, powerpoint, make a match.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i4.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.