PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRIPADA SISWA KELAS VIID

Aisa Nur Endahwati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan PMRI kelas VIID di SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus 31,77% dengan kategori kurang sekali, pada siklus I sebesar 55,03% dengan kategori kurang dan pada siklus II mencapai 76,04% dengan kategori baik. Selain itu hasil belajar juga meningkat, pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 25% dengan rata-rata 56,71. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 43,75% dengan rata-rata 62,21 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar sebesar 78,12% dengan rata-rata 78.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, pendekatan PMRI

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.