PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)

Heni Nur Ardani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis; (2) peningkatan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan pada kelas VIII C SMP Negeri 4 Kebumen. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Pembelajaran menggunakan metode SFE. Hasil penelitian menunjukan rerata kemampuan komunikasi matematis siklus I sebesar 71,48 dan siklus II meningkat menjadi 82,11. Sedangkan rerata hasil belajar matematika pada siklus I dan II berturut-turut mencapai 87,69 dan 88,38 dengan ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II masing-masing 100%. Peningkatan skor komunikasi matematis dari siklus I ke siklus II sebesar 53,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SFE dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa VIII C SMP Negeri 4 Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, Student Facilitator and Explaining

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.