PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A MTs N Kebumen 2 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata minat belajar matematika siswa pada siklus I berdasarkan hasil observasi dan angket sebesar 72,92 dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 80,30 dengan kategori baik. Hasil tes pemahaman konsep pada siklus I menunjukan 63,89% siswa tuntas KKM dengan rata-rata 72,09 dan meningkat pada siklus II menjadi 77,78% siswa tuntas KKM dengan rata-rata 81,89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A MTs N Kebumen 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: minat, pemahaman konsep, Course Review Horay
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.