UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN VAK

Sri Puji Lestari, Bambang Priyo Darminto, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan VAK dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B MTs KHR ILYAS Tambakrejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs KHR ILYAS Tambakrejo Tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan VAK  dapat meningkatkan keaktifan yang  ditunjukkan persentase keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 70,89% dan meningkat pada siklus II menjadi 80,15%. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 75 sebanyak 20 siswa atau sekitar 66,67% dengan rerata 74,27, sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 75 sebanyak 26 siswa atau sekitar 86,67% dengan rerata 80,83. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika.

Kata kunci: VAK, keaktifan, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.