PENGGUNAAN PEMBELAJARAN TAI DAN TSTS MATERI GEOMETRI SMP

Delvia Andriani, Budiyono, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari 70; (2) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih dari 70; dan (3) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah (1) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah 86,06; (2) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah 79,54; dan (3) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe TSTS.

 

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, TAI, TSTS, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.