EKSPERIMENTASI MODEL AIR DENGAN SETTING TGT DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Johan Arifin, Erni Puji Astuti, Teguh Wibowo

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan ketiga model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) apakah ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari keaktifan; (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Sempor berjumlah 8 kelas, dengan kelas VIII F (eksperimen 1), kelas VIII G (eksperimen 2), dan kelas VIII H (kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Berdasarkan uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan ketiga model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok; (2) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok.

 

Kata Kunci:   Model AIR setting TGT, TGT, hasil belajar, keaktifan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.