PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP N 13 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk mengetahui minat belajar siswa dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa minat belajar siswa naik dari kondisi awal sebesar 38% menjadi 56% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 81% pada siklus II. Demikian juga dengan prestasi belajar matematika, yaitu dari kondisi awal sebesar 34% menjadi 50% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 78% pada siklus II. Kesimpulan yang didapat adalah model pembelajaran Course Reviev Horay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika.
Kata kunci: Course Review Horay, minat, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.