PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED SMP SULTAN AGUNG PURWOREJO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Sultan Agung Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Tahapan peneltian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pembelajaran menggunakan Open-Ended. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tes evaluasi siswa pada siklus I sebesar 59,84 dengan persentase ketuntasan klasikal hasil tes siswa 64,51% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,77 dengan persentase ketuntasan klasikal hasil tes siswa 80,64%. Sedangkan hasil observasi kreativitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 72,58% dengan kategori kurang meningkat pada siklus II 84,68% dengan kategori kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan kreativitas siswa VII B SMP Sultan Agung Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: kreativitas, Open-Ended, matematikaFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.