PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN RME PADA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Heni Aprilia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Instrumen yang digunakan meliputilembar observasi, lembar keterlaksanaan, angket dan tes untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil observasi diperoleh peningkatan persentase rata-rata kreativitas belajar siswa yaitu dari 62,51 menjadi 75,84 dengan kategori baik. Peningkatan kreativitas siswa bepengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat dengan nilai rata-rata awal 63,25 dengan ketuntasan 22,5% menjadi 69,29 dengan ketuntasan 54,83% setelah diberi tindakan pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,12 dengan ketuntasan 80,64% setelah diberi tindakan pada siklus II.

Kata kunci: kreativitas, hasil belajar, pendekatan RME

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.