PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE

Amalia Intan Purnama Dewi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Purworejo dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dilakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes prestasi belajar setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase rerata keaktifan belajar siswa dari 62,76% pada siklus I menjadi 76,17% pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa bepengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Purworejo meningkat dengan nilai rerata awal 57,63 dengan ketuntasan 43,75% menjadi 66,65 dengan ketuntasan 62,5% setelah diberi tindakan pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,13 dengan ketuntasan 78,13% setelah diberi tindakan pada siklus II.

Kata kunci: keaktifan, prestasi belajar, scramble

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.