PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA

Ari Chusniyati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri berbantuan alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif NU Pituruh yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes butir soal kemampuan komunikasi matematis dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus 1 mencapai 64,08% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 66,66%. Sedangkan persentase dari siswa yang mencapai KKM yaitu 32,25% atau 10 siswa di siklus 1 kemudian di siklus 2 meningkat menjadi 74,19% atau 23 siswa. Hal ini berarti kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat. Jadi, pendekatan inkuiri berbantuan alat peraga dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

 

Kata kunci: komunikasi matematis, pendekatan inkuiri, alat peraga


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i3.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.