PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada siswa kelas VIII A MTs Padureso semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kemandirian dan tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran missouri mathematics project dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, Missouri mathematics project, kemandirian
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i2.1757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.