MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU LKS TERSTRUKTUR

Dian Artanti, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 25 Purworejo dengan metode pembelajaran Talking Stick berbantu LKS terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan rumus persentase dan rerata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari 68,31% pada siklus I, menjadi 86,61% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 75,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 70,69% siswa pada siklus I, menjadi 77,16 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,65% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut maka, metode pembelajaran talking stick berbantu LKS terstruktur dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 25 Purworejo.

 

Kata kunci: talking stick, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i2.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.