PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Sukriyah Wijayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran GQGA dapat meningkatkan keaktifan siswa, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran GQGA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 67,19% pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 78,91% pada siklus II dengan kategori baik.  Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai 65,63 dengan ketuntasan klasikal 53,13% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,34 dengan ketuntasan klasikal  78,13%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GQGA dapat meningkatkan keaktifan belajar  siswa kelas VIII C SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: GQGA, keaktifan, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.