PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII

Umi Nuriyatun Khasanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemandirian belajar matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write dan Talking Stick pada siswa kelas VIII-I semester II SMP N 1 Prembun tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemandirian belajar siswa dan soal tes berupa tes uraian. Teknis analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write dan Talking Stick pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: kemandirian belajar, Think-Talk-Write , Talking Stick


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.