PENGARUH KEMAMPUAN PENGETAHUAN, PEMAHAMAN, DAN PENERAPAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP N KELAS VIII

Nurul Hidayah, Budiyono

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kemampuan pengetahuan, pemahaman dan penerapan terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini berupa tes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi Kendal Tau. Hasil penelitian ini disimpulkan bah-wa: ada pengaruh yang positif antara  kemampuan pengetahuan, pemahaman dan penerapan dengan prestasi belajar matematika tetapi tidak signifikan.

Kata kunci: aspek kognitif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.