EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Edwin Andika PPamungkas

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang kelas VIII semester genap SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling,  diambil  2 kelas yang dijadikan sampel. Dari pengambilan sampel tersebut diperoleh  kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji Hipotesis dengan  menggunakan uji t. menunjukkan thitung = 2.0235 > 1.6694 = ttabel berarti prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: prestasi belajar, problem posing, ekspositori


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.