EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN KELAS VIII SMP N 4 PURWOREJO

Zumrotul Khasanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym dapat menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an sedang dan rendah, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym dan model pembelajaran konvensional konsisten untuk tiap-tiap kemampuan hafalan Al-Qur’an, dan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi, sedang dan rendah konsisten untuk tiap-tiap model pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, dengan jumlah sampel 62 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes dan lembar observasi kemampuan hafalan Al-Qur’an. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikan  menunjukkan bahwa (1) =  (2) =  (3) = . Dari hasil komparasi ganda antar kolom diperoleh bahwa (1) (2) (3) .

Kata kunci: Jigsaw berbasis Brain Gym, hasil belajar, bangun ruang, hafalan  Al-Qur’an


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.