EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING DAN SCRAMBLE PADA MATERI LINGKARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen I dan 32 siswa kelas eksperimen II. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh 1,836, sedangkan sehingga thitung > . Oleh karena itu, sehingga ditolak. Jadi, prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Purworejo tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: prestasi belajar, probing-prompting, scramble
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.