EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERISE-GUGUS SADEWA KECAMATAN PETANAHAN TAHUN 2012/2013

Anisa Maylina; Bambang Priyo Darminto; Dita Yuzianah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dengan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran non alat peraga pada materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Se-gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Tahun 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Se-Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Tahun 2012/2013. Dengan teknik simple random sampling dipilih dua sekolah sebagai sampel penelitian. Satu sekolah sebagai kelas eksperimen dan satu sekolah sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir pembelajaran ketiga kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, analisis data dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians (uji homogenitas), dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji beda dua rata-rata (uji pihak kanan) dengan  taraf signifikasi 5%, diperoleh thitung = 0,14 ˂ 0,15 =ttabel . Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok di mana rerata kelas eksperimen 67,5 dan rata-rata kelas kontrol . Kesimpulan dari penelitian adalah prestasi belajar matematika siswa dengan media pembelajaran menggunakan alat peraga tidak lebih baik dibanding prestasi belajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran non alat peraga pada sub pokok bahasan pecahan.

Kata kunci: pembelajaran, alat peraga, non alat peraga, prestasi belajar, pecahan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.