PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MUSIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar kelas V SD Negeri Kepatihan Purworejo tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kektifan belajar siswa meningkat dari 58% pada prasiklus menjadi 61,8% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 76,5% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang tuntas pada prasiklus 41,17% meningkat menjadi 47,05% pada siklus I, dan meningkat lafi menjadi 79,41% pada siklus II. Dilihat dari hasil tersebut maka penerapan model pembelajaran menggunakan bahan ajar musik dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbantuan musik, keaktifan belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.