PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MUSIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Retno Wasono Putro

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar kelas V SD Negeri Kepatihan Purworejo tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kektifan belajar siswa meningkat dari 58% pada prasiklus menjadi 61,8% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 76,5% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang tuntas pada prasiklus 41,17% meningkat menjadi 47,05% pada siklus I, dan meningkat lafi menjadi 79,41% pada siklus II. Dilihat dari hasil tersebut maka penerapan model pembelajaran menggunakan bahan ajar musik dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: pembelajaran berbantuan musik, keaktifan belajar, prestasi belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.