HUBUNGAN PERTEMANAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PURWOREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pertemanan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 190 siswa. Sampel penelitian ini juga berjumlah 190, teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan mengambil sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kedua variabel berdistribusi normal dan homogen. Koefisien korelasi pertemanan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,211. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pertemanan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: pertemanan, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.