HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL (UN) SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong, bagaimana hasil UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Ne-geri 1 Klirong, hubungan kemandirian belajar siswa terhadap nilai Ujian Nasional matematika SD pada siswa SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah total 255 siswa, dengan sampel sebanyak 152 siswa yang ditentukan dengan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf sig-nifikansi 5% Teknik sampling yang digunakan adalah proposional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan metode angket. Statistic uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan Kendal Tau dan uji signifikansinya menggunakan uji-z. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-test pada hipotesis untuk kemandirian belajar siswa, dengan uji satu pihak dan taraf signifikansi 5% diperoleh dan sehingga , maka kemandirian belajar siswa lebih kecil atau sama dengan 75. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-tes pada hipotesis untuk nilai UN matematika SD diperoleh dan sehingga , maka nilai UN ma-tematika SD lebih kecil atau sama dengan 75. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan analisis korelasi Kendal Tau pada hipotesis hubungan kemandirian belajar siswa dengan nilai UN SD maa pelajaran matemaika siswa kelas VII SMP diperoleh korelasi koefesien sebesar diperoleh bahwa = -0,005. Dengan uji dua pihak dan taraf signifikansi 5% dengan pendekatan pada rumus z diperoleh maka sehingga diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keman-dirian belajar dengan nilai UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: kemandirian belajar, nilai ujian matematika SD
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i3.1619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.