PENGARUH NILAI TUC TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 SRUWENG KEBUMEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai tes uji cobaterhadap hasil ujian nasional pelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sruweng tahun pelajaran 2012/ 2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sruweng di mulai dari bulan Januari 2014 sampai dengan Maret 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Negeri 2 Sruweng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 166. Sampel penelitian sebanyak 166 siswa dengan teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu untuk memperoleh data skor tes uji coba tes dan hasil ujian nasional pelajaran matema-tika. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu analisis korelasi Kendal Tau ( ). Adapun pengujian hipotesis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai tes uji coba terhadap hasil ujian nasional pelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sruweng Kebumen Tahun pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,96 dan harga zhitung sebesar 18,461.
Kata kunci: TUC, UN, pelajaran matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i2.1618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.