MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R PADA VOLUME KUBUS DAN BALOK

Heri Purwanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N Wonoroto menggunakan strategi belajar PQ4R pada materi menghitung volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di kelas V SD N Wonoroto  meningkat dari siklus I  ke siklus II. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,35% meningkat menjadi 75,05% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,78 meningkat menjadi 80,65 pada siklus II.Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Wonoroto pada materi menghitung volume kubus dan balok .

 

Kata kunci: Motivasi, hasil belajar, PQ4R


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i2.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.