MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R PADA VOLUME KUBUS DAN BALOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N Wonoroto menggunakan strategi belajar PQ4R pada materi menghitung volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di kelas V SD N Wonoroto meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,35% meningkat menjadi 75,05% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,78 meningkat menjadi 80,65 pada siklus II.Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Wonoroto pada materi menghitung volume kubus dan balok .
Kata kunci: Motivasi, hasil belajar, PQ4R
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i2.1615
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.