EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika peserta didik pada kompetensi segitiga dengan model Missouri Mathemathics Project (MMP) lebih baik jika dibandingkan dengan model ekspositori, (2) prestasi belajar peserta didik dengan motivasi tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi sedang dan rendah. Prestasi belajar peserta didik dengan motivasi sedang lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi rendah dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIIA-VIIF. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel berjumlah 64 yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Dari uji hipotesis komparasi rataan antar baris dan komparasi rataan antar kolom diperoleh: (1) F1-2 = 10,4636 dan Ftabel = 4,076, artinya prestasi belajar peserta didik yang mendapat model pembelajaran matematika Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dibandingkan prestasi belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran matematika Ekspositori pada kompetensi Segitiga, (2) F1-2 = 27,67131 dan Ftabel= 6,452, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi sedang, F1-3 = 26,6930 dan Ftabel= 6,452, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi rendah, F2-3 = 1,9418 dan Ftabel= 6,452, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi sedang tidak lebih baik lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi rendah, (4) Fobs = 1,611 dan Fα = 3,23 Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: prestasi belajar, motivasi belajar, Missouri Mathematics Project
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i2.1610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.