EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRADE READING AND COMPOTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrade Reading And Compotion (CIRC) lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada materi lingkaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan menunjukkan sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran CIRC pada materi lingkaran lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori.
Kata kunci: prestasi belajar, Cooperative reading And Compotion (CIRC) , ekspositori
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i2.1607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.